Oleh Sarah Savira W*
Halo Sobat Dunia Kampus! Zaman merupakan suatu
masa yang mana akan terus berkembang selama dunia ini masih ada. Dan dari
setiap masa itu akan menimbulkan suatu era baru dimana telah terjadi lompatan
besar dalam segala aspek kehidupan. Sekarang ini kita berada dimasa industri
4.0 atau revolusi industri 4.0 dimana hampir semua kegiatan yang terjadi
dilakukan atau didominasi oleh robot. Namun perkembangan ini bukan hanya
terjadi di dalam sektor industri, melainkan semua sektor seperti kesehatan, pendidikan,
politik, ekonomi, dan lainnya.Tentu hal ini sangat mempengaruhi kehidupan
masyarakat dan timbul trend baru dalam bersosial di masyarakat.
Nah kita sebagai
generasi milenial harus mencari suatu alternatif agar kita bisa tetap bersaing
dan berjuang dimasa yang sangat ketat akan persaingan ini. Untuk itu kita harus
bisa memahami dan mengikuti setiap ilmu pengetahuan dan teknologi agar kita tidak tertinggal oleh
perkembangan zaman yang sangat pesat ini. Agar kita bisa bangkit khususnya
dalam bidang ekonomi, solusi terbaiknya yaitu dengan menjadi entrepreneur. Kita
harus bisa menjadi pengusaha agar kita tidak bergantung kepada orang dan
juga agar kita bisa menjadi penggerak untuk menolong perekonomian khususnya
masyarakat di sekitar kita. Salah satu kegitatan yang bisa kita lakukan yaitu
dengan cara membuat suatu digital
marketing.
Namun sebelum itu
kita harus memahami dulu apa makna dari kata entrepreneur dan digital
marketing. Pengertian entrepreneur (wirausaha) ini adalah suatu kegiatan usaha
yang dilakukan dengan mandiri. Entrepreneur secara mendalam adalah sorang
yang kreatif atau inovatif yang membawa ide baru untuk memulai bisnis. Terkadang seseorang berfikir bahwa entrepreneur merupakan seorang
pengusaha, ternyata keduanya memiliki perbedaan. Pengusaha adalah orang yang memiliki bisnis skala besar
maupun kecil dan tidak semua pengusaha memiliki jiwa entrepreneur. Sedangkan
seorang entrepreneur pasti memiliki jiwa pengusaha, di mana mereka dapat
memanfaatkan peluang dari setiap bisnisnya atau orang yang terjun ke dalam
suatu bisnis. Jika kita memiliki jiwa entrepreneur, dapat dipastikan
bisnis yang akan dijalani akan dapat terus bertahan. Nah dari sini sudah jelas
bahwa entrepreneur dan pengusaha memiliki suatu perbedaan.
Setelah itu kita juga
harus memahami makna dari digital marketing. Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau
promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Di
masa sekarang ini, hampir seluruh masyarakat sudah mengenal bahkan memiliki
gadget dan internet. Mungkin dimasa sekarang ini hampir semua kalangan baik seorang pekerja, pelajar, mahasiswa ataupun yang menggunakan gadget di tiap
harinya. Mulai dari bangun tidur hingga menuju tidur kembali, kita selalu dekat
dengan gadget yang kita miliki. Hampir semua gadget sudah memiliki basic untuk internet sehingga kita bisa
membuka aplikasi-aplikasi seperti, sosial media ataupun e-commerce. Baik di kota
maupun desa semua sudah bisa terhubung dengan mudah lancar berkat adanya internet
sehingga itu memudahkan setiap orang dalam berkomunikasi tanpa harus memikirkan
jarak dan waktu.
Tentu bagi seseorang
yang memiliki jiwa entrepreneur, hal ini merupakan suatu peluang besar yang
bisa dijadikan suatu bisnis bagi mereka. Masyarakat sekarang terutama bagi
generasi milenial, lebih cenderung sibuk dan aktif di media sosialnya dan hal
itu bisa menghabiskan waktu yang terbilang cukup lama. Ditambah lagi dimasa
sekarang ini dimana pandemi Covid-19 yang masih melanda seluruh dunia khususnya
Indonesia yang mana hal itu mengharuskan masyarakat untuk mengurangi interaksi
sosial dan untuk tetap berjaga dirumah dan menghindari kerumunan, tentu hal itu
akan menambah peningkatan penggunaan gadget khususnya dalam media sosial.
Mengapa kita harus
bisa melakukan digital marketing ?
Dengan memanfaatkan
digital marketing, kita bisa memanfaatkan peluang yang ada dengan melakukan
penjualan secara online dan memasarkan produk atau jasa yang kita jual melalui
internet khususnya media sosial. Hal ini dikarenakan orang-orang di zaman
sekarang pada masa pandemi seperti sekarang ini mereka sebagian besar
menghabiskan waktu mereka hanya melakukan aktivitasnya dari rumah dan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menelusuri internet khususnya media
sosial. Dengan memasarkan melalui media-media sosial tentu produk kita akan
lebih sering mendapat perhatian dibandingkan jika kita melakukan pengiklanan
melalui media konvensional yang mana di masa sekarang sudah kurang diminati dah
bahkan perlahan mulai ditinggalkan khususnya bagi mereka yang sangat
memanfaatkan teknologi.dengan digital marketing apalagi kita bisa menghemat biaya
khususnya biaya pengiklanan karena kita bisa memanfaatkan relasi yang kita
miliki seperti kerabat, saudara, orang tua, maupun orang-orang lain yang kita
kenal yang memiliki media sosial. Dengan hanya menyebarkan link dari produk
yang kita miliki kepada orang-orang terdekat kita dan meminta mereka untuk
menyebarkannya kepada orang lain, hal itu sudah termasuk dari pemasaran dan
sangat pula membantu untuk perkembangan dari digital marketing yang kita
lakukan
Lalu bagaimana agar
strategi digital marketing yang kita buat dapat sesuai dan menarik perhatian
orang banyak ? Disini kita harus memperhatikan konsep SOSTAC Marketing Diagram,
yaitu sebagai berikut :
Pertama, Situation Analysis. Disini akan membahas
siapa konsumen yang akan dituju, bagaimana konsumen menanggapi atau
berinteraksi dengan produk yang ada, platform apa yang akan digunakan, dan
bagaimana demografi.
Kedua, Objective. Dalam hal ini bagaimana kita
memperluas pangsa pasar (sell),
meningkatkan nilai layanan(serve), bagaimana
berkomunikasi dengan konsumen(speak),
bagaimana kita memanage uang yang ada agar tidak rugi(save), dan bagaimana kita memperkuat atau mempertahankan brand(sizzle).
Ketiga, Strategy. Dalam hal ini melihat apa yang
produk apa yang diingini atau yang dibutuhi oleh konsumen, lalu hal tersebut
akan disepakati dan diketahui secara bersama.
Keempat, Tactics.
Dalam hal ini akan membahas bagaimana tahap-tahap dan alat-alat yang akan
digunakan untuk tujuan produksi.
Kelima, Action. Dalam hal ini kita dapat membuat
sebuah rencana menjadi kenyataan dimana hal tersebut akan berjalan sesuai
dengan kerangka kerja yang telah dibuat.
Keenam, Control. Pada tahap akhir ini, merupakan proses yang akan dilakukan dimana akan memeriksa atau mengevaluasi pengaplikasian rencana kerja yang telah dibuat agar sesuai dengan tujuan nya.
Nah selain itu, untuk membuat digital
marketing kita lebih berhasil kita harus bisa membuat pengiklanan terhadap
produk yang kita tawarkan agar terlihat unik dan menarik sehingga bisa menarik
perhatian orang lain dan bisa membangun rasa penasaran konsumen sehingga konsumen mau untuk berkunjung sekedar melihat
produk yang kita tawarkan atau bahkan membeli produk yang telah kita tawarkan. Semakin
menarik iklan yang kita buat maka semakin besar pula produk kita diminati atau bahkan populer di media sosial.
Di masa sekarang
membuka suatu usaha tanpa modal yang besar bukanlah suatu hal yang mustahil
untuk dilakukan. Kita hanya perlu mengikuti
perkembangan teknologi dan trend yang ada agar kita bisa mengetahui cara suatu usaha dan hal apa saja yang memang sedang diminati oleh para konsumen.
Dengan membuka toko secara online kita tidak perlu bersusah payah untuk
memikirkan modal usaha yang besar dan dengan cara itu pula kerugian yang
ditimbulkan atas kehilangan modal akan semakin kecil karena modal yang
dikeluarkan tidak terlalu besar.Untuk itu seorang entrepreneur harus bisa
memanfaatkan segala sesuatu yang ada disekitarnya khususnya teknologi yang akan selalu berkembang seiring majunya zaman.
Narasumber oleh Bu Terrylina Arvinta melalui Youtube Dedi Purwana Channel
Komentar
Posting Komentar