Digital Marketing

Oleh Sarah Savira W*

Halo Sobat Dunia Kampus! Zaman merupakan suatu masa yang mana akan terus berkembang selama dunia ini masih ada. Dan dari setiap masa itu akan menimbulkan suatu era baru dimana telah terjadi lompatan besar dalam segala aspek kehidupan. Sekarang ini kita berada dimasa industri 4.0 atau revolusi industri 4.0 dimana hampir semua kegiatan yang terjadi dilakukan atau didominasi oleh robot. Namun perkembangan ini bukan hanya terjadi di dalam sektor industri, melainkan semua sektor seperti kesehatan, pendidikan, politik, ekonomi, dan lainnya.Tentu hal ini sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat dan timbul trend baru dalam bersosial di masyarakat.


Hal ini tentu harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat khususnya di Indonesia yang mana hal itu harus digunakan dalam hal-hal yang positif guna memajukan diri sendiri maupun negara dalam segala khususnya dalam bidang perekonomian. Indonesia sendiri termasuk dalam kategori negara berkembang yang mana tinggkat konsumtif di masyarakat pun masih tergolong tinggi. Namun  hal itu berbanding terbalik dimana perekonomian dari masyarakatnya pun masih sangat bergantung yang mana sebagian besar masyarakat memiliki mindset berfikir masa depannya hanya sebatas menjadi pekerja di suatu perusahaan. Tentu hal itu akan sangat mengingat sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia tidak bisa mencukupi semua kebutuhan untuk lowongan pekerjaan sehingga tingkat penggangguran pun masih tinggi di Indonesia.

Nah kita sebagai generasi milenial harus mencari suatu alternatif agar kita bisa tetap bersaing dan berjuang dimasa yang sangat ketat akan persaingan ini. Untuk itu kita harus bisa memahami dan mengikuti setiap ilmu pengetahuan dan  teknologi agar kita tidak tertinggal oleh perkembangan zaman yang sangat pesat ini. Agar kita bisa bangkit khususnya dalam bidang ekonomi, solusi terbaiknya yaitu dengan menjadi entrepreneur. Kita harus bisa menjadi pengusaha agar kita tidak bergantung kepada orang dan juga agar kita bisa menjadi penggerak untuk menolong perekonomian khususnya masyarakat di sekitar kita. Salah satu kegitatan yang bisa kita lakukan yaitu dengan cara membuat suatu digital marketing.

Namun sebelum itu kita harus memahami dulu apa makna dari kata entrepreneur dan digital marketing. Pengertian entrepreneur (wirausaha) ini adalah suatu kegiatan usaha yang dilakukan dengan mandiri. Entrepreneur secara mendalam adalah sorang yang kreatif atau inovatif yang membawa ide baru untuk memulai bisnis. Terkadang seseorang berfikir bahwa entrepreneur merupakan seorang pengusaha, ternyata keduanya memiliki perbedaan. Pengusaha adalah orang yang memiliki bisnis skala besar maupun kecil dan tidak semua pengusaha memiliki jiwa entrepreneur. Sedangkan seorang entrepreneur pasti memiliki jiwa pengusaha, di mana mereka dapat memanfaatkan peluang dari setiap bisnisnya atau orang yang terjun ke dalam suatu bisnis. Jika kita memiliki jiwa entrepreneur, dapat dipastikan bisnis yang akan dijalani akan dapat terus bertahan. Nah dari sini sudah jelas bahwa entrepreneur dan pengusaha memiliki suatu perbedaan.

Setelah itu kita juga harus memahami makna dari digital marketing. Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Di masa sekarang ini, hampir seluruh masyarakat sudah mengenal bahkan memiliki gadget dan internet. Mungkin dimasa sekarang ini hampir semua kalangan baik seorang pekerja, pelajar, mahasiswa ataupun yang menggunakan gadget di tiap harinya. Mulai dari bangun tidur hingga menuju tidur kembali, kita selalu dekat dengan  gadget yang kita miliki. Hampir semua gadget sudah memiliki basic untuk internet sehingga kita bisa membuka aplikasi-aplikasi  seperti, sosial media ataupun e-commerce. Baik di kota maupun desa semua sudah bisa terhubung dengan mudah lancar berkat adanya internet sehingga itu memudahkan setiap orang dalam berkomunikasi tanpa harus memikirkan jarak dan waktu.

Tentu bagi seseorang yang memiliki jiwa entrepreneur, hal ini merupakan suatu peluang besar yang bisa dijadikan suatu bisnis bagi mereka. Masyarakat sekarang terutama bagi generasi milenial, lebih cenderung sibuk dan aktif di media sosialnya dan hal itu bisa menghabiskan waktu yang terbilang cukup lama. Ditambah lagi dimasa sekarang ini dimana pandemi Covid-19 yang masih melanda seluruh dunia khususnya Indonesia yang mana hal itu mengharuskan masyarakat untuk mengurangi interaksi sosial dan untuk tetap berjaga dirumah dan menghindari kerumunan, tentu hal itu akan menambah peningkatan penggunaan gadget khususnya dalam media sosial.

Mengapa kita harus bisa melakukan digital marketing ?

Dengan memanfaatkan digital marketing, kita bisa memanfaatkan peluang yang ada dengan melakukan penjualan secara online dan memasarkan produk atau jasa yang kita jual melalui internet khususnya media sosial. Hal ini dikarenakan orang-orang di zaman sekarang pada masa pandemi seperti sekarang ini mereka sebagian besar menghabiskan waktu mereka hanya melakukan aktivitasnya dari rumah dan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menelusuri internet khususnya media sosial. Dengan memasarkan melalui media-media sosial tentu produk kita akan lebih sering mendapat perhatian dibandingkan jika kita melakukan pengiklanan melalui media konvensional yang mana di masa sekarang sudah kurang diminati dah bahkan perlahan mulai ditinggalkan khususnya bagi mereka yang sangat memanfaatkan teknologi.dengan digital marketing apalagi kita bisa menghemat biaya khususnya biaya pengiklanan karena kita bisa memanfaatkan relasi yang kita miliki seperti kerabat, saudara, orang tua, maupun orang-orang lain yang kita kenal yang memiliki media sosial. Dengan hanya menyebarkan link dari produk yang kita miliki kepada orang-orang terdekat kita dan meminta mereka untuk menyebarkannya kepada orang lain, hal itu sudah termasuk dari pemasaran dan sangat pula membantu untuk perkembangan dari digital marketing yang kita lakukan

Lalu bagaimana agar strategi digital marketing yang kita buat dapat sesuai dan menarik perhatian orang banyak ? Disini kita harus memperhatikan konsep SOSTAC Marketing Diagram, yaitu sebagai berikut :

Pertama, Situation Analysis. Disini akan membahas siapa konsumen yang akan dituju, bagaimana konsumen menanggapi atau berinteraksi dengan produk yang ada, platform apa yang akan digunakan, dan bagaimana demografi.

Kedua, Objective. Dalam hal ini bagaimana kita memperluas pangsa pasar (sell), meningkatkan nilai layanan(serve), bagaimana berkomunikasi dengan konsumen(speak), bagaimana kita memanage uang yang ada agar tidak rugi(save), dan bagaimana kita memperkuat atau mempertahankan brand(sizzle).

Ketiga, Strategy. Dalam hal ini melihat apa yang produk apa yang diingini atau yang dibutuhi oleh konsumen, lalu hal tersebut akan disepakati dan diketahui secara bersama.

Keempat, Tactics. Dalam hal ini akan membahas bagaimana tahap-tahap dan alat-alat yang akan digunakan untuk tujuan produksi.

Kelima, Action. Dalam hal ini kita dapat membuat sebuah rencana menjadi kenyataan dimana hal tersebut akan berjalan sesuai dengan kerangka kerja yang telah dibuat.

Keenam, Control. Pada tahap akhir ini, merupakan proses yang akan dilakukan dimana akan memeriksa atau mengevaluasi pengaplikasian rencana kerja yang telah dibuat agar sesuai dengan tujuan nya.

Nah selain itu, untuk membuat digital marketing kita lebih berhasil kita harus bisa membuat pengiklanan terhadap produk yang kita tawarkan agar terlihat unik dan menarik sehingga bisa menarik perhatian orang lain dan bisa membangun rasa penasaran konsumen sehingga  konsumen mau untuk berkunjung sekedar melihat produk yang kita tawarkan atau bahkan membeli produk yang telah kita tawarkan. Semakin menarik iklan yang kita buat maka semakin besar pula produk kita diminati atau bahkan populer di media sosial.

Di masa sekarang membuka suatu usaha tanpa modal yang besar bukanlah suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Kita hanya perlu mengikuti perkembangan teknologi dan trend yang ada agar kita bisa mengetahui cara suatu usaha dan hal apa saja yang memang sedang diminati oleh para konsumen. Dengan membuka toko secara online kita tidak perlu bersusah payah untuk memikirkan modal usaha yang besar dan dengan cara itu pula kerugian yang ditimbulkan atas kehilangan modal akan semakin kecil karena modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar.Untuk itu seorang entrepreneur harus bisa memanfaatkan segala sesuatu yang ada disekitarnya khususnya teknologi yang akan selalu berkembang seiring majunya zaman.

Narasumber oleh Bu Terrylina Arvinta melalui Youtube Dedi Purwana Channel

Komentar